fbpx

Pemkot Palu Ajak HMI Perangi Radikalisme

 Pemkot Palu Ajak HMI Perangi Radikalisme

Mewakili Pemerintah Kota Palu, Kepala Kesbangpol Abidin hadiri pelantikan pengurus HMI Komisariat Ekonomi Untad, Kamis (24/6/2021) (Foto: wartasulteng.id/Adri)

wartasulteng.id, PALU – Pemerintah Kota Palu melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Abidin menghadiri acara Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ekonomi Universitas Tadulako, Kamis (24/6/2021) dalam kesempatan itu Abidin para kader HMI dapat bekerjasama dalam mencegah penyebaran Radikalisme di perguruan tinggi. 

Abidin mengatakan, saat ini Sulawesi Tengah (Sulteng) cukup rentan dengan berbagai persoalan terkait Radikalisme dan Terorisme. 

“Sulteng dikenal sebagai tempat strategis oleh kelompok teroris. Meski kasus teror terjadi di kabupaten lain, masalah ini tetap menjadi perhatian kita disini,” ucap Abidin.

Menurutnya, organisasi mahasiswa seperti HMI memiliki peran strategis dalam mencegah berkembangnya paham radikal di lingkungan kampus.

Hal ini dikarenakan kemunculan paham-paham radikal sering kali bermula dari pemikiran kritis namun tidak terarah dengan baik.

“Selama ini HMI telah banyak mencetak para cendekiawan. Maka dalam konteks pencegahan tindak Radikalisme, kami harap HMI bisa bersinergi dengan pemerintah dalam mengantisipasi hal semacam itu,” ucapnya.

Sementara, Ketua HMI Cabang Palu Karimul Hamid mengaku pihaknya siap bekerjasama dalam menangkal Radikalisme di perguruan tinggi.

“Memerangi Radikalisme dan Terorisme ini sesuai dengan visi misi HMI. Bagi kami, sikap kritis sudah menjadi keharusan. Beda pendapat itu wajar saja, tetapi tidak harus benci terhadap negara, pemimpin atau kelompok tertentu,” ucap Karim, memungkasi. (IM)

Related post