fbpx

Pospera Sulteng: Terimakasih Untuk Sepuluh Tahun Dedikasi Longki Djanggola

 Pospera Sulteng: Terimakasih Untuk Sepuluh Tahun Dedikasi Longki Djanggola

Sosok Longki Djanggola, Gubernur Sulteng dua periode. (Foto: wartasulteng/istimewa).

“Sepuluh Tahun bukan jadi ukuran seorang Longki Djanggola dalam hal dedikasi untuk masyarakat di Sulteng. Jauh sebelum menjadi Gubernur, ia telah melakukan banyak hal besar di Parimo. Dan percayalah, beliau pasti akan terus mendedikasikan sisa hidupnya untuk daerah kita meskipun tanpa menjadi seorang Gubernur,” Aim Ngadi, Ketua DPD Pospera Sulteng.

wartasulteng.id, – Sore nanti, Rabu (16/6/2022) akan menjadi momen pergantian kepemimpinan sejumlah kepala daerah provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Sulawesi Tengah yang akan resmi memiliki Gubernur dan Wakil Gubenur baru, yang berarti juga mengakhiri periodik masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya.

Sebelum menyambut kehadiran sosok Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir sebagai pemimpin baru di Sulawesi Tengah, Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Sulawesi Tengah tak ingin melupakan jasa besar Longki Djanggola, dan mengucapkan terimakasih atas semua dedikasi yang telah diberikan Longki selama dua periode bersama pasangannya, baik bersama (Alm) Sudarto maupun Rusli Dg Palabbi diakhir periode keduanya.

Ketua DPD Pospera Sulteng, Aim Ngadi mengatakan, baik secara organisasi maupun sebagai warga masyarakat Sulteng kita menjunjung tinggi adab termasuk penghormaran kepada para pemimpin kita.

“Sebagai masyarakat Sulteng, saya sangat berterimakasih atas semua dedikasi beliau memandu dan mengasuh lebih dari tiga juta rakyat Sulawesi Tengah selama tiga tahun,” ungkapnya.

Menurut Aim Ngadi, tidak mudah bagi kami di Pospera untuk tidak melakukan hal ini; memberi salam, ucapan terimakasih atau mengiringi sebait do’a untuk kesejahteraan untuknya tentu tidak akan sebanding dengan sederet prestasi yang di ukir Longki Djanggola selama sepuluh tahun memimpin kami, rakyat Sulawesi Tengah.

“Pada akhirnya ini sudah menjadi kewajiban saya dan kawan-kawan Pospera sebagai warga masyarakat Sulteng memberi ungkapan rasa terimakasih kepada beliau,” tegasnya.

Longi Djanggola, Membangun juga Membuka Akses Pembangunan

Longki Djanggola, saat diberikan penghargaan sebagai The Best Leader The Outstanding Leader in Investment oleh CNBC Indonesia. (Foto: CNBC Indonesia)

DPD Pospera Sulawesi Tengah juga menguraikan beberapa prestasi yang diukir pada masa kepemimpinan Longki Djanggola sebagai Gubernur Sulteng.

Sepanjang dua periode kepemimpinan Longki baik bersama Almarhum Sudarto maupun Rusli Palabbi, Sulawesi Tengah dijadikan daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia Timur hingga 9,98% atau jauh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional pada 2016, dan mampu bertahan diangka 8,83% pada 2020 atau pas disituasi pandemi pada akhir periode keduanya.

Bukan hanya itu, Pospera mencatat kesenjangan pendapatan individu berdasarkan Indeks Gini Ratio di Sulteng terus menuai catatan baik di era Longki Djanggola, stabil di angka 0,327 atau lebih rendah dibandingkan Indeks Gini Ratio Nasional sebesar 0,381.

Banyak prestasi yang di ukir Longki Djanggola sepanjang sepuluh tahun kepemimpinan-nya, dari bidang infrastruktur hingga menata perekonomian daerah. Delapan kali secara berturut-turut Sulteng mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI jadi salahsatu dari banyak tolak ukur keseriusan pembangunan dan pengelolaan anggaran di Sulawesi Tengah.

Namun hal yang jauh tak kalah penting bagi Pospera adalah keberanian dan kebesaran hati seorang Longki Djanggola membangun dan membuka akses jalan bagi pembangunan berkelanjutan. Hal ini bisa dilihat bagaimana Sulteng menjadi daerah ‘primadona’ investasi kelas internasional. Bahkan sosok Longki Djanggola pernah mendapat penghargaan The Best Leader The Outstanding Leader in Investment pada 2020 oleh CNBC sebagai sosok yang berkontribusi besar meningkatkan investasi dan kemudahan investasi di daerah, mengalahkan banyak nama pemimpin daerah provinsi lain di Indonesia.

Ini menjadi jalan yang dibangun Longki untuk kita semua untuk terus ber-inovasi, termasuk pekerjaan untuk Gubernur berikutnya. Predikat sebagai daerah primadona investasi inilah yang menjadi ruang untuk dikembangkan oleh pemimpin berikutnya sebagai salahsatu jalan mewujudkan visi sulteng sejahtera kedepannya.

Longki Djanggola: Terimakasih masyarakat Sulteng (Siaran Broadcast)

“Terimakasih untuk Longki Djanggola atas dedikasi sepuluh tahun membangun Sulteng,” Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Sulawesi Tengah.

Ista Mujahid

Related post