fbpx

Menengok 2020, Memandang 2021

 Menengok 2020, Memandang 2021

Oleh : Ista Mujahid Akbar

“Kita menjadi bijak bukan karena mengumpulkan kembali masa lalu, melainkan dengan bertanggung jawab pada masa depan.” kata George Bernard Shaw.

Tahun kini berganti, kita selalu belajar dari kesalahan atau kekeliruan masa lalu, akan tetapi baiknya kita tidak perlu membawa kesuksesan masa lalu untuk diandalkan di masa mendatang. Sebab, kita tidak punya kemampuan untuk merancang masa mendatang dengan masa lalu, meski dengan imajinasi dimasa depan.

Justru hal terpenting setelah membaca masa lalu adalah “seberapa panjang biografi kita sendiri yang benar-benar bisa memberi inspirasi positif untuk orang lain di masa depan, sehingga sejarah hari ini dibangun dengan baik di Tahun yang penuh dengan tantangan baru?”

Catatan Tahun silam menjadi sumber yang cukup melimpah ruah hal untuk membuat keputusan ke arah masa depan. Tetapi, hal semacam itu bukan menjadikan kita selalu mengandalkan data masa lalu kita sehingga imajinasi kita justru terkekang.

Sebab, imajinasi tak selalu berkaitan dengan data historis apapun. Namun, hanya dengan imajinasi kita dapat melakukan tindakan-tindakan penting, sebelum segalanya menjadi genting.

Seperti suatu perusahaan yang tak ingin bangkrut, mesti berpikir tentang dual market (pasar masa sekarang, dan pasar masa depan). Atau kebijakan pemerintah yang hanya memikirkan kepentingan generasi masa lalu dan mempersempit ruang gerak generasi masa depan.

Singkatnya, bisa jadi yang terlalu sesuai dengan zamannya, tanpa memperdulikan nasib atau dampaknya di masa depan, akan dipastikan ketinggalan zaman. Namun demikian, cara pandang kedepan atau imajinasi, seperti halnya ratapan pahit atau kenangan indah ke masa lalu, dapat membius kita hingga tak sanggup menikmati hal dan kewajiban kita hari ini.

Maka, alangkah lebih baik kita belajar dari masa lalu, rencanakan dengan penuh semangat tentang tujuan-tujuan kita di masa depan, dan kita sama-sama belajar untuk hidup pada momen yang dapat kita kendalikan: sekarang. (IM)

Related post