fbpx

Hidayat Lamakarate Yakin Wujudkan Touna Hebat

 Hidayat Lamakarate Yakin Wujudkan Touna Hebat

WartaSulteng.id, Palu – Calon Gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 1, Dr.H Mohamad Hidayat Lamakarate M.Si di sela-sela kunjungannya ke Kabupaten Tojo Una-Una, Minggu (18/10/2020) mengatakan, dirinya yakin mampu mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten yang dinilianya banyak memiliki potensi dari berbagai sektor.

Pria yang akrab disapa Kaka Dayat ini mengatakan, pada sektor khusus pertanian dan perkebunan, Touna memiliki komoditi unggulan penghasil kopra dan jagung dengan kualitas yang cukup baik.

“Touna memiliki potensi besar sebagai penghasil kopra dan jagung yang cukup baik. Saya yakin, melalui program bantuan komoditi unggulan daerah yang kami hadirkan, kami memastikan pemerintah akan hadir mengawal produksi komoditi dari mulai produksi hingga distribusi, artinya pemerintah juga hadir mengambil peran menjaga stabilitas harga komoditi”, ungkapnya.

Kabupaten yang juga memiliki destinasi wisata kelas dunia yang berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini juga memiliki potensi kelautan dan perikanan yang dapat dijadikan sektor unggulan daerah. Hidayat juga menilai, pengembangan destinasi wisata daerah, juga dinilainya dapat dijadikan ruang pengembangan ekonomi baru bagi masyarakat setempat.

Hidayat Lamakarate menambahkan, melalui program ‘Link And Match’ para petani, nelayan dan para pegiat usaha perkebunan selain mendapatkan bantuan modal juga mendapat jaminan pasar dan stabilisasi harga yang di koneksikan dengan dunia industri.

“Selama ini, produksi hasil komoditi unggulan daerah banyak bermasalah pada kepastian harga dan pasar. Lewat kerjasama pemerintah pusat dan daerah, pemerintah menjamin kestabilan harga dan kepastian harga”, selain itu dunia industri juga mendorong potensi penjualan hasil komoditi tidak lagi berupa barang mentah, akan tetapi masuk pada pengolahan baru yang akan membuka banyak lapangan kerja untuk masyarakat, tutup Hidayat. (IM)

Related post