fbpx

Sosok Hidayat Lamakarate : Birokrat Berprestasi Lulusan Untad, Kini Maju Pilgub Sulteng 2020

 Sosok Hidayat Lamakarate : Birokrat Berprestasi Lulusan Untad, Kini Maju Pilgub Sulteng 2020

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sulteng, Mohamad Hidayat Lamakarate atau yang lebih akrab disapa ‘Kaka Dayat’ ini merupakan sosok pendatang baru di kancah perpolitikan di Sulawesi Tengah.

Selama ini  Hidayat Lamakarate dikenal sebagai sosok birokrat cerdas yang sarat akan prestasi, yang memiliki pengalaman sebagai Pj.Walikota Palu, Bupati Banggai Laut dan juga Sekertaris Daerah Provinsi di usianya yang terbilang cukup muda.

Hidayat Lamakarate merupakan satu-satunya sosok ber-Almamater Universitas Tadulako yang tampil dalam kontestasi pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah pada Tahun 2020 ini. Ia merupakan lulusan berpredikat ‘cumlaude’ dengan torehan IPK 3,98.

Disertasinya yang berjudul Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Aparatur di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah itu ia dapat dari pengalaman hidup sehari-harinya dalam dunia birokrasi Sulteng yang ia geluti, dan hal tersebut menuai pujian dari para pimpinan sidang disertasi doktoralnya pada saat itu.

Salahsatu Tim Promotornya pada saat itu, Prof. Dr Ir Muhammad Basir, M.Si pernah menyatakan, Hidayat Lamakarate meski berstatus pejabat ASN selama itu mampu memposisikan dirinya sebagai mahasiswa sejati. Hal tersebut terlihat ketika menjalani prosesi perkuliahan, pengurusan judul, proposal, ujian tutup semua dilakukannya sesuai petunjuk dari dosen.

Sosok Hidayat Lamakarate, saat sidang disertasinya di Universitas Tadulako. (Foto : WartaSulteng/ista).

Catatan lain Hidayat Lamakarate dalam dunia pendidikannya adalah pernah menempuh pendidikannya dibeberapa perguruan tinggi diantaranya : S2 di Universitas Padjajaran Bandung, S1 di Institut Pemerintahan Jakarta dan program D3 di APDN Makassa. Selain itu Hidayat Lamakarate juga sempat menjadi tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi di Kota Palu.

Terjun Ke Dunia Politik

“Kalau saya mau, saya bisa 10 tahun lagi meneruskan karir birokrasi saya yang sedang dipuncak. Tetapi saya tidak bisa, karena Tuhan memerintahkan saya keluar dari situ untuk mengabdi lebih kepada masyarakat”, katanya.

Kalimat itu keluar ketika Hidayat Lamakarate berpidato di Kota Poso saat menghadiri deklarasi relawan beberapa waktu silam.
Saya yakin terjun ke politik karena saya yakin, dan karena hidup itu harus banyak bermanfaat bagi orang lain,” kata dia.

Karir politik pria penghobi olahraga sport itu dimulai ketika dirinya menyatakan mundur dari profesinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 4 September 2020, dan maju bersama Dr.Ir.Bartholomeus Tandigala sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng pada Tahun 2020 ini.

Meski hadir sebagai pendatang baru di kancah perpolitikan Sulteng, Hidayat Lamakarate cukup diperhitungkan. Jejak karir birokrasinya yang cemerlang dan sempat memimpin Banggai Laut dan Kota Palu sebagai pelaksana tugas dan pengganti jabatan adalah bukti bahwa sosok Hidayat Lamakarate memiliki cikal bakal  menjadi sosok pemimpin besar.

“Saya yakin untuk terjun ke politik, karena saya meyakini dengan niat tulus, saya ingin memberi banyak manfaat untuk sesama”, ucap Hidayat Lamakarate dibanyak kesempatan.

Hari ini, Rabu (23/9/2020) pasangan yang memiliki semangat Harmoni Dalam Keberagaman dengan tagline ‘Sulteng Hebat’ tersebut menanti penetapan pasangan kandidat yang akan ditetapkan oleh KPUD Sulteng dan selanjutnya menentukan nomor urut pasangan calon.

Seperti diketahui, pasangan ini memperoleh cukup dukungan kursi partai dari Partai Gerindra dan PDIP. Selain itu partai yang mendukung pasangan ini diantaranya: Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PKP Indonesia.

Hidayat Lamakarate, saat wisuda program S3 di Universitas Tadulako Palu.

Related post