fbpx

Entrepreneur Muda Jalin Komitmen Bersama Hidayat Lamakarate

 Entrepreneur Muda Jalin Komitmen Bersama Hidayat Lamakarate

WartaSulteng.id, Palu – Para pelaku usaha muda milenial yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah melakukan live podcast bersama salahsatu bakal Calon Gubernur Sulteng, Dr.H.Mohamad Hidayat Lamakarate, pada Selasa malam (22/9/2020).

Dalam live podcast yang dilakukan secara bersamaan di 13 daerah tersebut, para entrepreneur muda melakukan diskusi interaktif terkait pengembangan usaha muda milenial di Sulawesi Tengah.

Hidayat mengatakan, saat ini jumlah usaha di Sulawesi Tengah masih didominasi oleh Usaha Mikro Kecil (UMK). Dari hasil SE2016 Lanjutan, jumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) sebanyak 337.905 usaha. Sementara itu, Usaha Menengah Besar (UMB) hanya sebanyak 2.635 usaha. Usaha UMK mampu menyerap tenaga kerja di Sulawesi Tengah dengan cukup besar , jumlah tenaga kerja UMK nonpertanian tercatat sebanyak 875.842 orang atau 89,74 persen dari total tenaga kerja nonpertanian.

Bakal Calon Gubernur Sulteng dengan Alamamater S3 Universitas Tadulako tersebut berkomitmen mendorong angkatan kerja muda sebagai angkatan kerja produktif utamanya mereka yang berusia 20-34 Tahun, yang saat ini jumlahnya mencapai 700.000 lebih untuk di jadikan entrepreneur.

“Selain pengembangan entrepreneu, melalui fokus pembangunan tiga hubungan industrial yang saya singkat ABG yakni, Akademisi, bisnis dan Goverment tiga fokus hubungan ini memberikan bantuan pelatihan rutin, pemerintah menjamin sertifikasi usaha dan jasa industry bersama asosiasi yang ada termasuk membangun hubungan dengan pasar dan jaringan Binis dan terakhir mendorong kehadiran pelaku bisnis dan investasi di Sulawesi Tengah”, jelasnya.

Hidayat Lamakarate juga meyakini, masalah daerah ini mesti melibatkan energi besar yang berasal dari generasi milienial sebagai penggerak ekonomi daerah.

Ista Mujahid

Related post