fbpx

Lewat Rakernas, KONI Resmikan E-Sport Jadi Olahraga Resmi

 Lewat Rakernas, KONI Resmikan E-Sport Jadi Olahraga Resmi

Budi Gunawan (kiri), bersama ketua umum KONI Pusat, Marciano Norman, dalam acara pelantikan PB Esports Indonesia. /Muhammad Pratama Supriyadillah

WartaSulteng.Id, Palu – Kabar gembira untuk pegiat Esport di Indonesia, dari Rapat Kerja Nasional yang dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang berlangsung pada, 25-27 Agustus 2020.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) telah memutuskan bahwa E-sports resmi menjadi sebuah cabang olahraga prestasi. Putusan itu dikeluarkan dalam rapat virtual yang berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Agustus. Pengurus Besar E-Sport Indonesia atau (PB ESI) secara resmi menjadi cabang olahraga prestasi di Indonesia.

“Dari 9 cabang olahraga baru ada beberapa yang sudah memenuhi syarat yakni IBA MMA dan E-Sport itu sendiri,” ujar Pimpinan Sidang Rakernas KONI 2020, Sudarmo, yang juga Waketum II Bidang Organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Mengutip Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional, Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Sumber Gambar : iespl.id/instagram

Dalam keterangannya E-Sport Indonesia sudah resmi menjadi cabang olahraga prestasi di Indonesia.

“Esports Indonesia dibawah Kepemimpinan Ketua Umum Bapak Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. dan Ketua Harian Indonesia Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. sudah resmi menjadi Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia sesuai UU yang berlaku di Indonesia”

“Dengan resminya Esports di Indonesia sebagai Cabang Olahraga Prestasi dibawah naungan PB ESI , kami akan berfokus kepada Visi dan Misi Utama kami di ranah Olahraga Esports di Indonesia.”

Dengan diresmikannya esports sebagai cabang olahraga prestasi, diharapkan setiap orang yang ingin bergelut di dunia E-Sport akan mendapatkan kemudahan dan tidak lagi harus berhadapan dengan stigma negatif masyarakat. Semoga hari bersejarah ini bakal menjadi pemicu kemunculan bintang-bintang esports baru yang bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Ista Mujahid

Related post

4 Comments

  • Hidden Hills property with mountain and city views boasts nine bed rooms, including a big master suite with private terrace and an entertainment wing

  • Lopez has reportedly added to her real estat holdings an eight-plus acre estate in Bel-Air anchored

  • Struggling to sell one multi-million dollar home currently
    on the market won’t stop actress and singer Jennifer Lopez from expanding her property collection

  • Hidden Hills property with mountain and city views boasts nine bed rooms, including
    a master suite with private terrace

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *