fbpx

Danau Berwarna Air Biru Toska, Di Banggai Kepulauan

 Danau Berwarna Air Biru Toska, Di Banggai Kepulauan

Danau Paisu Pok di Desa Luk Panenteng, Kabupaten Banggai Kepulauan

wartasulteng.id, – Kalian tentu sudah tahu kalau Indonesia punya banyak potensi wisata alam yang belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Jika biasanya kamu cuma mampir ke destinasi populer seperti Bandung, Bali, Yogyakarta, Lombok, atau Raja Ampat, kini coba deh melipir sedikit ke daerah Banggai Kepulauan yang ada di Sulawesi Tengah.

Terdapat sebuah danau alami yang cantik dengan warna air biru tosca yang jernih bernama Danau Paisu Pok. Sayang, meski penuh pesona yang memikat, tempat wisata alam ini belum terekspos dengan baik sehingga tak banyak pengunjung yang datang ke sana.

Bercampurnya Air Asin dan Tawar di Danau Paisu Pok

Ada sebuah alasan tersendiri mengapa kolam alami ini punya nama Paisu Pok yang menurut masyarakat setempat berarti air hitam. Masyarakat menyebutnya demikian karena warna air di sekitar danau yang hampir menghitam. Padahal, itu semua adalah pantulan dari rumput yang tumbuh di bagian dasar sehingga air yang berwarna biru terlihat lebih gelap. Dulunya, danau ini dipenuhi dengan air asin. Namun seiring berjalannya waktu, di kolam tersebut juga terdapat air tawarnya.

Yang menjadi daya tarik utama Paisu Pok bukan cuma sejarah keberadaannya. Kondisi air yang super jernih adalah alasannya. Saking beningnya, kamu bahkan melihat isi dalam kolam dengan mata telanjang. Ketika sudah berada di sana, jangan cuma foto-foto saja. Kamu tentu tak ingin melewatkan kesempatan untuk berenang, bermain air, terjun dari tebing, atau santai-santai di ban pelampung kan?

Hal lain yang perlu kamu ketahui dari surga dunia yang cantik ini adalah tempatnya yang dikelilingi oleh hutan dan jauh dari kawasan perkotaan. Jauh dari polusi dan banyak pohon rindang yang tumbuh di sekitar kolam alami tersebut. Terbayang dong betapa sejuknya udara di sana? Cocoklah didatangi oleh kamu yang benar-benar mendambakan syahdunya nuansa liburan yang dekat dengan alam sekitar. Pikiran dan tubuh pasti segar kembali deh sepulangnya dari sana.

Lokasi Danau Paisu Pok

Lokasi persis danau cantik ini berada di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Dari pusat kota di Salakan, kamu memerlukan waktu 2,5 jam menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Setelah sampai desa tersebut, kamu hanya perlu mendaki selama 5 sampai 10 menit dari jalan utama untuk sampai di danau tersebut.

Tapi jika kalian berasal dari luar daerah Sulawesi Tengah, kalian perlu perjalanan yang lumayan panjang jika melakukan perjalanan darat dari Kota Palu, ibu kota Sulawesi Tengah. Kalian harus menempuh jarak sekitar 15 jam menuju Kota Luwuk dan dilanjutkan perjalanan laut menuju pelabuhan Salakan. Atau kalian dapat memangkas waktu perjalanan dengan pesawat udara menuju bandara di Kota Luwuk yang berada di Kabupaten Banggai. Jadi hanya perlu melanjutkan via kapal laut menuju Kabupaten Banggai Kepulauan.

Ketika sampai di sana, kalian tak perlu membayar tiket masuk lho. Sebab, tempat ini memang sepertinya belum dikelola dengan baik oleh pemerintah atau masyarakat setempat. Oleh sebab itu, fasilitas yang ada di sana belum memadai. Jadi, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup ketika berkunjung ke sana dan jangan lupa untuk jaga selalu kebersihan tempat cantik ini.

Sumber Tulisan : Ista Mujahid (@ista.inst )

Ista Mujahid

Related post

2 Comments

  • Mantap…!! Sekarang so di kelola. So ada perahu dayung, dll..!!

    • iye..kanda, semoga semakin maju bangkep kedepan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *