fbpx

Hadiri Peringatan HUT Kabupaten Donggala, Hidayat Lamakarate Terinspirasi Mantan Bupati Donggala.

 Hadiri Peringatan HUT Kabupaten Donggala, Hidayat Lamakarate Terinspirasi Mantan Bupati Donggala.

WartaSulteng.id, Donggala – Pada upacara peringatan hari jadi Kabupaten Donggala yang ke – 68 Sekdaprov Sulteng, Dr. Mohamad Hidayat Lamakarate yang hadir mewakili Gubernur Sulteng mengapresiasi upacara peringatan tersebut yang berjalan dengan baik dan lancar.

Seperti diketahui, dalam upacara yang dilakukan di halaman kantor Bupati Donggala, senin (12/08/2020) tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH.MH yang bertindak sebagai inspektur upacara. Pada upacara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Sigi, Moh. Irwan Lapata, S.Sos.M.Si dan seluruh unsur forkopimda.

Hidayat Lamakarate dalam keterangannya menjelaskan, bahwa dirinya sangat trinspirasi oleh kakeknya, Daeng Maraja Lamakarate yang pernah menjabat sebagai Bupati Donggala ke-4. Lewat cerita yang ia sampaikan berdasarkan laporan masyarakat Donggala dirinya menjelaskan bahwa, D.M Lamakarate saat menjabat sebagai bupati donggala telah banyak memberikan pembelajaran pada dirinya.

“Ada beberapa hal yang menginspirasi saya dari seorang Daeng Maraja Lamakarate, yang bukan disampaikan oleh siapa-siapa, tapi saya dengarkan langsung dari cerita masyarakat donggala tentang bagaimana almarhum bekerja menjalankan tugas-tugas pemerintahan. Salah satunya ketika Daeng Maraja Lamakarate mengembalikan uang sisa perjalanan dinasnya ketika usai melakukan tugas perjalanan dinas, menurutnya uang tersebut bukan lagi menjadi hak atas dirinya, sehingga patut untuk dikembalikan”, ujar Hidayat Lamakarate mengenang hal tersebut.

Daeng Maraja Lamakarate yang menjabat sebagai bupati donggala pada 1960 – 1964 itu juga dikisahkan pernah mengirim anak daerah untuk belajar dan memberikan fasilitas mess di berbagai kota di Jawa, dengan harapan nantinya mampu menularkan dan mengabdikan diri ke daerah usai menempuh pendidikan di luar.

Terakhir, Hidayat Lamakarate yang merupakan cucu dari mantan bupati donggala tersebut sangat mengapresiasi capaian kabupaten donggala yang kini dijabat oleh Kasman Lassa. Kedepan diusianya yang ke-68 Hidayat Lamakarate berharap, donggala dapat menjadi daerah yang maju dan berkembang pesat, juga dihidupkannya kembali pelabuhan donggala sehingga dapat menjadi fasilitas daerah untuk masyarakat bekerja kembali,” tegasnya.

Video Embed Sumber : https://youtu.be/7glPGrl-1Aw – ( METROLIDIK TV CHANNEL)

Ista Mujahid

Related post